Humas bagian dari publik relation

 Humas adalah singkatan dari hubungan masyarakat, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan public relation (PR). Dalam organisasi humas merupakan divisi yang bertanggung jawab guna melakukan interaksi, hubungan dan kerjasama dengan masyarakat terkait dengan organisasi tersebut.

Suatu proses komunikasi strategis, biasanya digunakan oleh perusahaan, individu hingga organisasi yang ditujukan untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan publik biasanya dikaitkan dengan apa itu humas. Secara sederhana, hubungan masyarakat adalah proses strategis dalam mengelola pelepasan dan penyebaran informasi terkait organisasi kepada publik.

Sederhananya hubungan masyarakat merupakan proses strategis dalam mengelola penyampaian dan penyebaran informasi terkait organisasi kepada masyarakat atau publik guna mempertahankan reputasi yang baik dari organisasi dan mereknya. Dalam pelaksanaannya, proses hubungan masyarakat berfokus pada beberapa hal seperti berikut.


- Informasi apa yang harus dirilis.

- Bagaimana informasi harus disusun.

- Bagaimana informasi harus dirilis.

- Media apa yang digunakan menyebarkan informasi.

Fungsi Humas

Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pelaksanaan dan penerapan humas, secara tidak langsung fungsi humas tersebut muncul dan diketahui. Berikut ini fungsi-fungsi yang diberikan dengan adanya hubungan masyarakat.

Komentar